UMMATPOS.COM
Kabar Ummat Terdepan

@MustofaNahra Versus @NetizenTofa

Oleh: Ismail Fahmi
(Founder Media Kernels Indonesia)

Pada tanggal 25 Agustus, akun Mustofa Nahra yang dulu dibajak dan dicuri data-datanya, muncul kembali dengan serangan ganas. Akun ini memuntahkan tembakan-tembakan dahsyat kepada ‘dirinya’ sendiri, seiring dengan munculnya isu Sindikat Saracen.

Mari kita bertanya:
– Bagaimana peta pertempuran kedua akun ini di media sosial (Twitter)?
– Bagaimana polarisasi netizen di sana?
– Siapa orang-orang yang berada di samping masing-masing akun?
– Dari dua akun tersebut, siapa yang saat ini paling berjaya?
– Bagaimana isi status yang paling banyak dibicarakan di masing-masing akun?

KEKUATAN

Drone Emprit telah mengumpulkan data kedua akun. Dalam rentang waktu seminggu terakhir, dari tanggal 21-28 Agustus, terkumpul 16,8 ribu percakapan tentang @MustofaNahra, akun yang dibajak. Sementara akun yang saat ini dipegang oleh pemilik asli, @NetizenTofa, hanya mendapat 9,9 ribu percakapan.

Akun bajakan @MustofaNahra ternyata lebih berjaya, meski baru muncul kembali pada tanggal 25 Agustus.

AGREEMENT NETWORK

Peta agreement network, dimana user di sana menunjukkan kesamaan pendapat, ideologi, atau keberpihakan, dapat digambarkan melalui pola Retweet. Dari peta SNA Retweet Drone Emprit, kita bisa lihat polarisasi yang begitu dahsyat. Meski jumlah percakapan @MustofaNahra lebih tinggi, namun perlawanan dari kubu @NetizenTofa juga tidak kalah kuat.

Melihat akun-akun disekitar kedua akun yang sedang bertempur tersebut, ini mengingatkan kita pada polarisasi serupa yang terjadi pada masa Pilkada DKI. Saat itu, hampir di setiap isu besar, selalu ada dua kubu yang saling serang. Hal serupa tampak di SNA saat ini.

AGREEMENT-DEBATE NETWORK

Flame war atau debat, dapat digambarkan dalam peta SNA, melalui pola Mention di Twitter. Ketika orang bertempur, mereka akan saling menyebut atau memention musuhnya.

Nah, kita plot kedua pola retweet dan mention ke dalam peta SNA. Hasilnya, kita bisa lihat dari masing-masing kubu mana pendukung yang cukup mengamplifikasi pesan masing-masing, dan mana dari anggota mereka yang turut bertembur di barisan depan medan perang.

Dari SNA si Emprit, adanya pasukan tempur ini membuat titik pusat berupa kedua akun itu menjadi makin dekat. User-user yang ada di antara mereka, itu lah pasukan yang saling tempur, saling berhadapan di barisan depan. Dalam pertempuran kali ini, jumlah mereka lumayan besar, yang bisa dilihat dari padatnya titik node di antara kedua user di grafik SNA.

TOPIK BAHASAN

Grafik Most Shared URL dari akun @MustofaNahra, didominasi oleh status dari akun ini sendiri. Yang isinya kebanyakan berupa muntahan data yang diungkap oleh pemegang akun ini. Data tersebut diakui berasal dari akun lama yang asli.

Sementara itu, pada akun asli @NetizenTofa, status yang paling banyak diretweet itu topiknya beragam. Bukan hanya berupa serangan balik, meski ada beberapa yang diarahkan untuk menjawab.

Closing

Sodara-sodara, saat ini kita sedang menyaksikan bagaimana sebuah akun dibajak, sehingga data-data asli dipegang lawan; lalu pada saat yang dibutuhkan data-data itu dikeluarkan untuk menyerang pemilik akun asli, dan jaringannya. Ini momen yang langka, karena akun yang dibajak memliki follower yang sangat besar. Perang bintang, antara pembajak yang sangat berpengalaman, melawan tokoh sosmed yang cukup besar pengaruh dan followernya.

Enjoy. And learn. And take care, probably you are the next target 😉

PILIHAN REDAKSI