UMMATPOS.COM
Kabar Ummat Terdepan

Kuda Troya Dalam Pilkada

Oleh: Dr. Ilham Kadir, MA.

DALAM mitologi Yunani terdapat sebuah kisah tentang Perang Troya, perang antara Troya dan Yunani yang disebabkan oleh Pangeran Paris karena menculik Helena, istri dari Menelaos Raja Sparta. Kota Troya saat ini berada di Hisarlik, Turki Barat.

Yunani yang telah mengepung Troya selama sepuluh tahun, namun belum ada tanda-tanda akan kemenangan. Mulai memutar otak mencari trik lain. Maka ia mengirim mata-mata yang bernama Odysseus dan Diomedes. Atas ide Odysseus, dibangunlah patung kuda kayu raksasa yang di dalamnya berongga dan bisa diisi sepasukan tentara Yunani.

Pada pagi hari orang-orang Troya tidak lagi melihat pasukan Yunani, mereka lantas mengira Yunani telah menyerah dalam memerangi dan mengepung mereka. Di pandangan pasukan Troya hanya terlihat patung kuda raksasa yang terbuat dari kayu. Orang-orang Troya tidak menghancurkan atau membakarnya melainkan mengangkut kuda raksasa beroda tersebut ke dalam kota sebagai sarana hiburan.

Ketika semua penduduk sudah terlelap pada malam hari, pasukan Yunani keluar dari dalam patung, membuka pintu gerbang kota, dan balatentara Yunani yang ternyata hanya bersembunyi di sebuah pulau, mengalir masuk ke dalam kota. Malam itu kota dibakar, penduduknya dibantai, dan Troya dihapus dari muka bumi.

***

Strategi perang kuda troya ini menjadi cerita yang akan selalu hidup dan dikenal oleh masyarakat dunia sebab memilki makna historis dan filosofis begitu mendalam. Sejarah memang terus berulang dengan sertting ruang, waktu, dan ‘penunggang’ yang beda.

Lalu apa hubungannya dengan dunia politik. Pahamilah bahwa politik saat ini adalah ranah yang penuh intrik, tipu muslihat, dan perang strategi. Karena perang, maka segenap kekuatan dan upaya harus dioptimalkan.

Politik adalah dunia mata-mata. Setiap calon kepala daerah punya mata dan telinga bertebaran. Mereka adalah Odysseus dan Diomedes dalam Perang Troya. Tapi itu semua sah-sah saja sebagai bagian dari strategi menggapai kemenangan.

Dalam pertarungan kepala daerah serentak tahun 2018, Kuda Troya akan semakin menarik dijadikan strategi meraih kemenangan. Saya, yang berada di luar gelanggang nampak menikmati pertunjukan laksana sedang menonton movie “Troy” yang dibintangi aktor tampan Brad Pitt dan aktris cantik Diane Kruger.

Enrekang, 9 September 2017.

PILIHAN REDAKSI