UMMATPOS.COM
Kabar Ummat Terdepan

Muslim Inggris Ini Hadapi Sikap Rasis Dengan Cara Unik

BRADFORD, INGGRIS (UMMAT Pos) — Namanya Aminur Chowdhury. Lelaki muslim asal Bradford, Inggris ini suatu ketika dilecehkan secara rasialis oleh Ben Gallon, seorang tunawisma. Aminur bukannya balik melecehkan atau menghina, ia justru memutuskan untuk bercakap-cakap dengan Ben dan mengajaknya minum.

“Awalnya saya berbalik mengarahkan sebelah pipi saya,” kata Aminur, “tetapi ketika kemudian saya menantang Ben tentang apa yang dia katakan kepada saya, saya (memilih) menghentikan dan mengobrol dengannya selama sekitar 15 menit.”

Setelah berbicara dengan Ben, Aminur menyampaikan dapat membantunya untuk memperoleh pekerjaan. Ia pun bertukar nomor telepon dengan Ben. Awalnya Ben menganggap ini hanya basa-basi sebagai bentuk kesopanan, tetapi ternyata esok harinya Ben benar-benar mendapatkan telepon dari Aminur untuk menjalani wawancara kerja. Aminur rupanya benar-benar mencarikan pekerjaan ke rekan bisnisnya.

Bukan sekedar mencarikan pekerjaan, Aminur juga menyediakan diri menjemput Ben Gallon dan mengantarkannya ke tempat Ben harus menjalani wawancara kerja. Semua dikerjakan sendiri oleh Aminur.

Tak berhenti sampai di situ. Aminur pun membantu Ben mencari apartemen untuk disewa. Sebuah balasan yang sempurna untuk pelecehan yang dilakukan oleh Ben Gallon; balasan yang membuat Ben berubah 180 derajat. Kata Ben, “Saya telah mendapatkan pelajaran besar. Apa yang pernah saya katakan benar-benar tidak masuk akal buat saya. Saya bukan seorang yang rasis.”

“Segalanya mulai mencariku,” kata Ben, “Saya sudah mulai bekerja dan itu fantastis.”

Mengapa Aminur melakukan itu? Ada alasan tersendiri. Aminur sudah lama menjadi target pelecehan rasialis dan menurut dia, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan menunjukkan toleransi.

Ini merupakan sikap yang menakjubkan mengingatkan Bradford pernah mengalami kerusuhan rasialis yang sangat parah. Paling serius terjadi pada tahun 2001. Ketika itu ada 300 polisi terluka dan 297 orang ditangkap.

Ada pelajaran dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi kita semua dan apa yang dilakukan oleh Aminur menegaskan hal tersebut. Apa itu? Cara terbaik untuk memenangkan hati adalah dengan akhlak yang baik.

Termenung aku malam ini, “Sudah baikkah akhlakku?”

(Ust Moh Faudzil Adzim, Sumber: www.ilmfeed.com)

PILIHAN REDAKSI