UMMATPOS.COM
Kabar Ummat Terdepan

Didenda dengan Nilai Fantastis di Uni Eropa, Google Ajukan Banding

LUKSEMBURG (UMMAT Pos) — Perusahaan IT raksasa Google mengajukan gugatan hukum terhadap denda senilai 2,4 miliar euro atau sekitar Rp37,8 triliun yang diberlakukan oleh otoritas antimonopoli Eropa melalui pengadilan di Luksemburg.

Langkah tersebut membuat pertarungan hukum antara Brussel dan Google, yang dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya dan membuat hubungan mereka yang selama ini sudah tegang, menjadi kian memprihatinkan.

Uni Eropa menetapkan denda pada Juni terhadap Google karena dinilai telah menyalahgunakan peran sebagai mesin pencari untuk mempromosikan toko online milik sendiri di fitur Google Shopping buatan mereka.

“Apa yang Google lakukan adalah ilegal berdasarkan peraturan antimonopoli UE. Tindakan Google ini merusak persaingan sehat,” kata Komisaris UE Margrethe Vestager yang bertanggung jawab atas kebijakan antimonopoli.

Perusahaan multinasional asal Amerika itu diberi waktu 90 hari untuk mematuhi atau menghadapi proses hukum lebih lanjut.

Juru bicara Pengadilan Tinggi Uni Eropa mengonfirmasi kepada AFP bahwa banding tersebut telah diajukan. Meski demikian, pengajuan banding tidak menangguhkan denda, yang berarti Google masih berkewajiban untuk membayar. [fm/afp]

PILIHAN REDAKSI